Merawat Murai Batu Lampung Super

Merawat murai batu lampung super kini telah menjadi hal yang secara umum memang di pelihara oleh para kicaumania khususnya penghobi murai batu, karena mengingat harga murai lampung super rata-rata tidak semahal dengan harga murai batu medan, yang mana murai batu medan kini namanya lebih populer ketimbang murai batu lampung super. Banyak yang mengatakan bahwa murai batu jenis lampung masih kalah pamor dengan murai batu jenis medan.

merawat murai batu lampung super

 

Meskipun demikian, keberadaan murai batu lampung super sampai saat ini masih di gemari/di cari-cari oleh para pengemarnya . Berbagai ulasan mengapa murai batu lampung super ini masih menjadi favorit di hati para penghobi murai batu.

Jika di lihat murai batu jenis lampung bisa di katakan mempunyai sama baiknya dengan murai batu yang berasal dari wilayah Sumatra. Cuma murai batu lampung mempunyai ekor yang lebih pendek dari Murai Batu Medan dan Murai Batu Aceh. Akan tetapi dengan mempuyai ekor yang lebih pendek, murai batu lampung lebih aktratif dalam menghadirkan setelanya saat tengah berkicau.

Murai batu lampung super memiliki kualitas mental yang bagus, salah satunya siap tempur di arena lomba dan saat ini yang sering tampil di arena kontes kebanyakan murai batu lampung super, karena pada umumnya murai batu lampung super memiliki volume dahsyat berdurasi panjang dan rata-rata lebih setabil ketika di lombakan.

Selain itu, penampilanya di arena lomba pun cukup kuat dan setabil, dengan ekor yang tidak terlalu panjang murai batu lampung super bisa turun sampai empat atau lima kali dalam setiap mengikuti gelaran lomba.

 

merawat murai batu lampung super

 

Kita ambil contoh, seperti burung murai batu Raja Rimba, Raja Hutan, Setan Joger yang di miliki Bung Arif SS dari cirbon ini. Ketiganya merupakan jenis murai batu lampung super yang tergolong burung papan atas dan telah banyak menorehkan prestasi di kanca perlombaan burung Nasional.

Burung milik Bung Arif SS dari Cirbon ini rata-rata stabil di lapangan. Materi lagu komplit di serti tembakan dengan gaya ngeplay serta tampil agresif. Tak hayal jika burung yang di milikinya sering bertenger di posisi puncak di berbagai even, baik kelas nasional maupaun lokal. Bahkan bisa meraup dua sampai tiga kali kemenangan saat di turunkan di arena lomba.

 

merawat murai batu lampung super

Sebenarnya tidak cukup sampai di situ saja, murai batu lampung super secara umum juga memilki kelebihan lain. Berikut ini adalah berbagai  kelebihan yang di miliki murai batu lampung super salah satunya adalah:

 

  • Murai batu lampung lebih dominan bergerak lincah, gesit serta mampu menunjukan gerakan yang sesuai irama.
  • Murai batu lampung juga lebih mudah dalam tata perawatanya, contohnya jika ingin di master dengan suara burung kicauan lainya, ia akan lebih mudah menangkan dan menyimpan suara burung masteran tersebur.
  • Murai batu lampung lebih mudah bradaptasi jika di tempatkan di mana saja, intinya burung ini gampang cepat beradaptasi di lingkunganya sehingga akan mudah berkicau jika kita bawa ke tempat atau daerah lain yang mana tidak akan takut terhadap burung lain maupun terhadap orang banyak.

 

Meskipun demikian hal yang harus Anda ketahui adalah soal perawatan. Sebagus apapun burung jika perawatanya tidak tepat dan tidak teratur pasti akan menurun juga  kualitas maupun performanya.

 

  • Jika Anda para kicaumania yang masih binggung soal perawatan murai batu. Anda bisa membaca lagi Artikelnya, yaitu tentang >> Cata Merawat Burung Murai Batu

 

Selain perawatan hal yang tak kalah pentingnya terletak pada asal-usul serta trah.Trah juga akan sangat menentukan kualitas burung tersebut, apalagi jika burung hasil dari penangkaran. Maka dari itu trah dan keturunan akan sangat berperan penting untuk menjadikan burung mempunyai kualitas yang baik.

merawat murai batu lampung super

 

Tentang Murai Batu Lampung Super

 

Sesuai dengan namanya, murai batu lampung banyak di temukan di daratan rendah maupun tinggi di seputar Provinsi Lampung . Namun yang masih banyak di temukan di Kabupaten Lampung Selatan terutama di Kalianda yang mana daerah tersebut kebanyakan masih hutan dan masih jarang di jama oleh manusia. Hal inilah yang menjadi populasi murai batu di daerah tersebut menjadi lebih pesat.

Dan kebanyakan murai batu yang beredar di pasaran umumnya berasal dari pulau Sumatra dan Kalimantan, salah satunya dari daerah Lampung ini. Dengan begitu hal yang perlu di ketahui adalah bagaimana ciri-ciri murai batu lampung super, karean masih banyak para kicaumania yang kesulitan untuk membedakan murai batu jenis lampung dengan murai batu jenis lainya, itu simak berikut ini:

 

Ciri-Ciri Murai Batu Lampung Super

 

Jika kita lihat, murai batu lampung super pada umumnya memiliki warna bulu yang dominan hitam pekat dengan warna bulu dada sedikit kecoklatan tua. Selain itu murai batu lampung super memiliki postur sedikt agak besar di banding dengan murai batu Medan dan Aceh. Untuk lebih mudahnya lagi jika di lihat dari segi ekor, bahwa murai batu lampung super memiliki panjang ekor berkisar 12-15 cm, terdapat warna bulu putih di ekor bawah dan badanya yang memiliki ukuran kecil. Jika di lihat dari segi lain, murai batu lampung super nyais sama juga dengan jenis murai batu yang pada umumnya.

Cara alternatifnya untuk mengetahui murai batu lampung super yaitu dengan memperhatikan gerak-geriknya saat bertarung. Secara rutinitas yang kerap di lakukan murai batu lampung super dengan menaik-turunkan kepalanya, seolah-olah akan mematuk.

 

Jangan lewatkan juga Artikel dibawah ini:

 

Demikianlah yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Iklan

Satu pemikiran pada “Merawat Murai Batu Lampung Super

  1. Ping balik: Merawat Murai Batu Borneo | Tips Perawatan Murai Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s