Cara Merawat Murai Batu Trotolan Biar Gacor

Menjadikan murai batu trotolan biar cepat gacor memang menjadi tujuan utamanya bagi para kicaumania selaku yang memelihara trotolan murai batu ini. Murai batu trotolan sering dipilih untuk dipelihara dan sengaja disiapkan sejak dini agar menjadi burung berkualitas.

Namun kerap muncul keluhan, mengapa burung tak kunjung bersuara meski sudah mendapat extra fooding (EF) yang cukup, bahkan sudah dimaster pula. Nah, yang paling penting yang Anda perhatikan sebelum membeli murai batu trotolan adalah:

cara merawat murai batu trotolan biar gacor

 

  • Jangan cuma asal dalam memilih anakan murai batu trotolan
  • Harus mengetahui trah kualitas murai batu indukanya.
  • Dan yang terakhir pastikan dulu bahwa anakan murai tersebut jantan.

 

cara merawat murai batu trotolan biar gacor

 

Penangkaran murai batu kini makin banyak dijumpai dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentu lebih memudahkan para kicaumania yang ingin memeliharanya. Apalagi trotolan murai batu kini banyak dijual di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

Meskipun begitu, perlu diwaspadai juga adanya penangkar fiktif yang mengaku-ngaku menjual trotolan murai batu dari indukan berkualitas, dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga pasaran.

cara merawat murai batu trotolan biar gacor

 

336-x-280-copy

Selain itu, tak kalah pentingnya lagi yang harus Anda ketahui adalah: Memang selama ini ada anggapan bahwa bunyi dan tidaknya trotolan murai batu sangat tergantung pada karakter masing-masing burung.

Hal tersebut mungkin ada benarnya,  Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa membantu atau mempercepat proses tersebut, yaitu pola perawatan tepat yang selama ini diterapkan.

Untuk pola perawatan murai trotolan bisa Anda baca lagi di Artikel ini >> Merawat Murai Batu Trotol

 

Namun dalam perawatan hariannya, pemberian full EF pun belum tentu menjamin trotolan murai batu mau mengeluarkan suara ocehannya apalagi samapi gacor. Untuk itu, pada Artikel ini kita akan membahas pola perawatan harian di luar masalah pakan yang harus juga diterapkan agar trotolan murai batu cepat gacor, misalnya:

 

  • Rutin melakukan pengembunan
  • Mandi dan jemur secara teratur
  • Pemberian multivitamin untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga kondisinya.

 

cara merawat murai batu trotolan biar gacor

 

Selain perawatan harian, pemasteran pada trotolan murai batu juga akan sangat penting untuk lakukan, tujuhanya agar membuat trotolan murai batu biar cepet merangsang bunyinya alis bisa cepet gacor.

Metode pemasteran harus disesuaikan dengan kondisi dan umur burung. Trotolan murai batu yang masih sangat muda janganlah dilatih dengan suara masteran yang berat dan kasar, karena bisa membuat burung malah ngedrop dan malas berbunyi.

Adapun bagaimana cara memaster atau melatih burung murai batu yang masih trotolan agar hasil pemasteran bisa lebih efektif, dan burung pun lebih cepat menguasai suara-suara yang Anda ajarkan hingga akirnya murai batu anakan tersebut mempunyai kualitas yang bagus.

 

Tips Memaster Trotolan Murai Batu

 

Waktu ideal untuk memaster murai batu trotolan bisa dimulai pada umur 3 minggu. Biasanya, trotolan murai batu yang paling dicari para kicaumania, baik dari pasar burung maupun tempat penangkaran, sekitar umur 19 – 21 hari. Tetapi jika Anda mendapatkan burung umur 1 – 1,5 bulan juga belum terlambat untuk dimaster.

Murai batu trotolan pada bulan-bulan pertama sebaiknya dimaster dengan burung yang mempunyai suara lebih halus tetapi tajam. Contohnya?

cara merawat murai batu trotolan biar gacor

Burung Lovebrid

cara merawat murai batu trotolan biar gacor

Burung Parkit

cara merawat murai batu trotolan biar gacor

Burung Srindit

Anda bisa menggunakan burung seperti diatas untuk memaster trotolan murai batu, yaitu, burung LoveBird, burung Parkit, atau bisa juga burung Serindit. Bagi murai batu trotolan, karakter suara ketiga jenis burung inilah yang lebih mudah ditangkap dan disimpan dalam memorinya.

Agar hasilnya lebih optimal, pemasteran menggunakan lovebrid, parkit, atau serindit bisa dilakukan di dalam ruangan atau kamar. Tetapi kalau Anda ingin melatihnya di luar ruangan, maka murai batu trotolan dijauhkan dari keberadaan maupun suara burung lain (diisolasi). Artinya, si trotol cuma ditempel dengan burung masterannya saja, dalam hal ini lovebird, parkit, atau serindit.

Pada usia dini, sebaiknya trotolan murai batu jangan dimaster dengan suara masteran yang terlalu banyak. Tujuannya agar dia bisa menguasai dua burung master itu secara sempurna. Jika burung mampu menguasai suara lovebird secara sempurna, maka saat dewasa ia akan mengeluarkan tembakan yang panjang, rapat, dan berulang-ulang

Pelatihan menggunakan burung master bersuara halus namun tajam ini bisa berlangsung selama 1 bulan. Kalau bulan pertama terlewati, bisa dilanjutkan dengan menggunakan suara masteran yang memiliki suara yang kasar seperti cucak jenggot.

cara merawat murai batu trotolan biar gacor

Burung Cucak Jenggot

Agar pelatihan bisa berjalan maksimal, dibutuhkan dua ekor cucak jenggot yang sama-sama gacor. Keduanya digantang dengan jarak yang berjauhan dan tidak saling melihat satu sama lain, sehingga bisa sahut-sahutan.

Adakah suara kasar selain cucak jenggot? Tentu ada, misalnya dua ekor kapas tembak. Atau bisa juga kombinasi seekor cucak jenggot dan seekor kapas tembak sebagai pendamping murai batu trotolan saat pengisian suara-suara kasar.

cara merawat murai batu trotolan biar gacor

Burung Kapas Tembak

Setelah trotolan mulai mengalami masa mabung pertamanya, ia bisa mulai dilatih dengan burung yang memiliki karakter suara kasar, tegas, sekaligus tajam. Burung apa sajakah yang memiliki karakter suara seperti ini? Salah satu contohnya Anda bisa menggunakan burung Cililin yang menjadi salah satu master favorit bagi murai batu.

cara merawat murai batu trotolan biar gacor

Burung Cililin

Pemasteran Trotolan Murai Batu Saat Dewasa

 

Setelah murai batu mulai beranjak dewasa, maka langkah pemasteran berikutnya akan menjadi lebih mudah. Anda bebas memilih burung yang akan digunakan sebagai masteran bagi murai batu tersebut. Sebab beberapa suara fundamental dan penting, serta menjadi nilai tambah dalam lomba, sudah Anda latih ketika burung masih trotolan.

Banyak burung master atau suara masteran yang bisa digunakan untuk memaster murai batu setelah dewasa, contohnya seperti kenari, burung gereja tarung, siri-siri, rambatan, rio-rio, jalak suren, dan lain sebagainya. Tetapi masteran yang pernah Anda berikan saat masih trotolan jangan pernah ditinggalkan.

Sebelum memilih burung master yang akan diisikan ke murai batu dewasa, perlu dipertimbangkan dulu calon burung master yang kira-kira sesuai dengan karakter suara murai batu Anda. Misalnya Anda akan menggunakan jalak suren sebagai burung masteran. Mohon diingat, tidak semua jalak suren bisa dijadikan masteran, terutama jalak suren yang memiliki suara dominan berupa siulan. Sebaiknya pilih jalak suren yang rajin mengeluarkan suara aslinya

Dalam memaster murai batu, sebaiknya dilakukan dalam beberapa tahap dan tidak sekaligus, seperti apa yang sudah dicontohkan di atas. Yaitu diawali dengan dua jenis burung yang memiliki karakter suara sama, kemudian baru dimaster dengan burung masteran sesuai dengan keinginan Anda.

Namun, sebaiknya tidak memaster murai batu dengan menggunakan banyak burung master / banyak suara sekaligus. Idealnya cukup menggunakan 2-3 burung master dalam waktu bersamaan. Setelah suara-suara tadi mulai bisa ditiru murai baru, maka bisa dilanjutkan dengan suara burung lainnya. Demikian seterusnya.

 

Simak dan Baca juga Artikel penting lainya, yang masih mengenai Perawatan murai batu. Seperti dibawah ini:

  1. Cara Merawat Burung Murai Batu
  2. Perawatan Murai Batu Baru Beli
  3. Cara Merawat Burung Murai Batu Tangkapan Hutan
  4. Cara Merawat Burung Murai Batu Agar Cepat Gacor
  5. Cara Merawat Burung Murai Batu Untuk Lomba
  6. Cara Merawat Burung Murai Batu Mabung
  7. Merawat Murai Batu Dorong Ekor
  8. Perawatan Murai Batu Mabung Tidak Tuntas
  9. Merawat Murai Batu Ekor Hitam
  10. Merawat Murai Batu Lampung Super
  11. Merawat Murai Batu Medan

 

Demikianlah bagaimana merawat murai batu trotolan agar cepat gacor dan menjadikan trotolan murai batu milik Anda menjadi burung yang bener-bener mempunyai kualitas intimewa dengan Anda mengikuti tips seperti diatas. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

 

Salam kicaumania

Iklan

Satu pemikiran pada “Cara Merawat Murai Batu Trotolan Biar Gacor

  1. Ping balik: Perawatan Murai Batu Kalah Mental | Tips Perawatan Murai Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s