Perawatan Murai Batu Bakalan Biar Cepat Bunyi

Merawat murai batu bakalan biar cepat bunyi pada dasarnya memang menjadi sebuah hal yang di inginkan oleh para pecinta murai batu dan menjadi tujuan utamanya. Biasanya murai batu bakalan lebih sering dipilih oleh para kicaumania untuk dipelihara mengingat harga dari murai batu bakalan lebih murah dibanding dengan murai batu yang sudah jadi/mapan dan oleh sebab itulah yang menjadi alasan utamanya mengapa murai bakalan sering menjadi favorite bagi para pecinta murai batu.

perawatan murai batu bakalan biar cepat bunyi

 

Penghobi burung kicau khususnya burung murai batu kini kian banyak, terutama para pemula yang penasaran untuk memiliki murai batu yang berkualitas. Berbagai upaya telah dilakoni mulai dari mencari murai batu trotolan hasil penangkaran ataupun murai batu bakalan yang akan kita bahas di Artikel ini.

Tetapi, kenyataanya murai batu bakalanlah yang sering digemari oleh para kicaumania pendatang baru maupun yang sudah senior. selain harga yang ditawarkan relatif lebih terjangkau juga dipercaya murai batu muda hutan memiliki isian variatif dan lebih handal di gantangan.

Murai batu bakalan atau yang sering disebut juga dengan murai batu muda hutan kini lebih sering banyak dijumpai di pasar-pasar burung. Untuk itu jika Anda berniat untuk membeli murai batu muda hutan tersebut.

 

Baca Artikel ini >> Perawatan Murai Batu Baru Beli

 

perawatan murai batu bakalan biar cepat bunyi

 

Hal penting yang harus diketahui adalah, pastikan dulu bahwa murai batu bakalan yang ingin Anda beli bukan dari hasil pancingan, karena tak sedikit pula para kicaumania yang telah merasakan pahitnya itu, yaitu dapat murai batu bakalan yang hasil pancingan dan baru dipelihara beberapa hari burung langsung mati begitu saja.

Dan satu lagi hal yang tak kalah pentingnya yaitu adalah bagaimana cara memilih murai batu muda hutan tanpa pengetahuan pola perawatan yang tepat. Hal itu akan beresiko kerugian yaitu murai batu jadi sekarat bahkan mati setelah dirawat selama satu atau dua minggu oleh para penghobi baru ini. Hal ini sangat wajar, karena murai batu bakalan rentan stress, karena metabolisme terganggu akibat proses penangkapan dari habitat asli dipindahkan ke dalam sangkar.

perawatan murai batu bakalan biar cepat bunyi

 

Tetapi, bagaimanapun, itulah seni memelihara burung hasil tangkapan hutan dan ini sudah menjadi risiko dari kita sebagai penghobi burung. Jadi, untuk dapat “mencetak” burung berkualitas, diperlukan berbagai usaha yang tidak ringan. Jika berhasil, tingkat kepuasannya akan melebihi orang-orang berduit yang begitu mudah melakukan take-over terhadap burung jawara.

perawatan murai batu bakalan biar cepat bunyi

 

Maka dari itu tidak sedikit sobat kicaumania yang bertanya-tanya, soal bagaimana cara membuat murai batu bakalan yang dibeli bisa menjadi rajin berbunyi?  Perlu diingat, sebelum berharap burung nantinya rajin bunyi, hal penting yang harus Anda lalui terlebih dahulu adalah seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi, yaitu bagaimana memberikan pola perawatan yang tepat agar murai batu bakalan yang baru saja dibeli tidak mati.

Seperti juga yang sudah saya jelaskan di ARTIKEL saya yang lain, bahwa merawat murai batu bakalan tidaklah mudah, butuh perawatan yang sangat extra. Jangankan ingin cepat bunyi, untuk mempertahankan hidupnya pun tidak mudah, apabila salah perawatanya sedikit pun murai bakalan yang baru saja dibeli tadi akan mati.

Nah, tips pola perawatan yang tepat agar murai batu bakalan tidak mati setelah dibeli bisa Anda baca lagi Artikelnya DISINI

 

perawatan murai batu bakalan biar cepat bunyi

 

Setelah Anda mengetahui cara merawat murai batu bakalan yang tepat, selanjutnya seperti yang akan kita bahas, yaitu bagaimana membuat murai batu bakalan atau muda hutan biar cepet bunyi ?

Disini setidaknya ada tiga metode yang bisa Anda terapkan agar murai batu bakalan tersebut bisa cepet bunyi. Langsung saja simak berikut ini:

 

Baca Artikel ini >> Cara Merawat Murai Batu Macet Bunyi

Baca lagi Artikel ini >> Cara Merawat Murai Batu Trotolan Biar Gacor

 

Tips Cara Membuat Murai Bakalan Cepat Gacor

 

1. Pemanfaatan pakan EF (Extra Fooding)

  • Sebenarnya ada beberapa jenis EF yang diyakini bisa merangsang murai batu bakalan agar cepat bunyi, yaitu jangkrik, kroto, cacing, dan belalang hijau.
  • Akan tetapi persoalannya, murai batu mempunyai selera yang tidak selalu sama. Misalnya, ada yang mau makan kroto, tetapi ada juga yang kurang menyukainya, bahkan tidak mau menyantapnya.
  • Dan soal porsi pun tidak selalu sama. Ada yang bisa mengkonsumsi jangkrik dalam jumlah banyak, tetapi ada juga yang hanya sedikit.
  • Untuk membuat murai batu bakalan cepat berkicau, beberapa penggemar membuat setelan EF yang disesuaikan dengan selera dan kebiasaan burung.
  • Setelan paling tepat hanya bisa diperoleh jika kita sudah melakukan berbagai percobaan, yang boleh jadi awalnya berupa trial and error. Dari beberapa percobaan ini, maka dapat diketahui jenis EF yang paling disukai, sekaligus dapat menentukan porsi / takaran untuk setiap jenis EF yang akan diberikan tiap hari (misalnya jangkrik) atau berapa kali dalam seminggu (kroto, cacing, belalang hijau).
  • Jika sudah ketemu setelan EF yang pas, kita tinggal menerapkannya secara rutin setiap hari, dan murai batu akan cepat berkicau dan rajin bunyi. Salah satu contoh setelan standar untuk perawatan harian murai batu bisa dilihat kembali DISINI.

 

 2. Pemanfaatan Burung Master.

  • Sebenarnya ada beberapa jenis burung master yang sangat bagus untuk merangsang murai batu agar cepat berkicau, contohnya seperti burung kenari, lovebird, dan ciblek.
  • Biasanya apabila burung masternya gacor, murai batu akan “marah” dan langsung meladeni kicauan burung-burung berukuran kecil tersebut, dengan mengeluarkan suara terbaiknya dan keras. Ini karena sifat murai batu yang fighter, dan sangat menjaga wilayah teritorialnya.
  • Metode ini bagus diterapkan untuk murai batu bakalan setelah beberapa hari dijinakkan. Metode ini juga cocok untuk melatih murai batu yang mentalnya kurang stabil. Dengan mengetreknya bersama burung master berukuran kecil, MB yang mentalnya kurang stabil akan selalu merasa dominan, dan secara bertahap akan muncul kepercayaan dirinya.

 

3. Pola Perawatan Alami

  • Dalam metode ini, kita melakukan kamuflase sehingga murai batu memperoleh banyak hal seperti yang biasa diperolehnya di alam liar. Perlu diketahui, murai batu di alam liar rajin berkicau dan pintar meniru suara-suara burung lain yang sesuai dengan karakter kicauannya.
  • Di alam liar, mereka memperoleh pakan yang cukup berdasarkan ketersediaan dan pilihan sendjri. Di samping itu, murai batu jantan biasanya didampingi beberapa burung betina dan anak-anaknya. Tak kalah penting, mereka selalu memperoleh kecukupan sinar matahari dan leluasa bergerak.
  • Hal-hal yang diperoleh murai batu di alam liar inilah yang sebagian bisa diadopsi untuk membuatnya cepat berkicau dalam perawatan manusia. Untuk pakan, Anda tetap bisa menggunakan voer sebagai pakan utama, ditambah beberapa jenis serangga sebagai extra fooding (di alam liar, serangga justru merupakan pakan utama).
  • Jika puny burung murai batu betina bisa digantang di dekat murai batu jantan, dengan jarak sekitar 2-4 meter untuk merangsang birahi, yang otomatis akan membuatnya rajin berkicau.
  • Menggantang burung pada lokasi yang dekat dengan pepohonan juga sangat bagus untuk membuat murai batu cepat berkicau, karena burung merasa seperti di alam liar, meski faktanya dia terkurung dalam sangkar.

 

Baca juga Artikel tentang: Tips Perawatan Murai Batu Stres

 

perawatan murai batu bakalan biar cepat bunyi

Semoga bermanfaat.

Iklan

Satu pemikiran pada “Perawatan Murai Batu Bakalan Biar Cepat Bunyi

  1. Ping balik: Perawatan Murai Batu Kalah Mental | Tips Perawatan Murai Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s