Perawatan Murai Batu Kalah Mental

Membangkitkan mental tempur pada burung murai batu memang menjadi topik yang menarik untuk dibahas, mengapa demikian ? karena pada dasarnya burung murai batu adalah burung kicau yang sangat digemari oleh para kicaumania. Seperti yang sudah kita ketauhi bersama, bahwa murai batu adalah type burung fighter/petarung. Bahkan burung murai batu ini kerap menjadi favorit diberbagai gelaran lomba bergengsi. Hal inilah yang membuat para kicaumania sangat mengandrungi burung ini.

perawatan murai batu kalah mental

Memelihara murai batu yang memiliki mental yang bagus, dalam tanda kutip memiliki mental yang sangat kuat saat ditrek / diadu dengan sesama jenis murai batu lain akan sangat membangakan bagi sang pemiliknya.

Akan tetapi, Anda harus ingat. Untuk mendapatkan murai batu yang bermental baja pada kenyataanya memang tidaklah mudah sepeti yang Anda bayangkan. Butuh kesabaran, karena semua pasti ada prosesnya. Dan hal ini yang paling penting terletak pada bagaimana Anda dalam memberikan perawatan yang tepat untuk melatih mental pada murai batu tersebut.

perawatan murai batu kalah mental

Perlu Anda ketahui, mental kuat yang ada pada murai batu akan sangat mempengaruhi kualitas dari murai batu itu sendiri. Karena sebagus apapun kicauanya dengan segala variasi yang dihasilkan tanpa disertai dengan mental yang bagus serta kuat, saya jamin bahwa ketika murai batu itu akan dipertemukan dengan murai batu lain ataupun ketika mau diterjunkan diarena lomba  pasti ujung-ujungnya akan menemuai problem yang namanya kalah mental.

Dan hal inilah yang menjadi pokok permasalahan, ketika murai batu yang sudah pernah mengalami kalah mental sebelumnya dan tanpa ada penenganan khusus biasanya burung akan ngedrop bahkan burung bisa menalami macet bunyi alias tidak bunyi sama sekali, dengan begitu murai batu akan menjai stres. Jadi Anda harus hati-hati jangan asal main tempel saja dengan murai batu yang menang sudah memiliki mental yang bagus.

Jika murai batu milik Anda sudah terlanjur mengalami problem seperti yang saya jelaskan diatas. Untuk itu jangan khawatir, karena akan saya sarankan Anda para kicaumania semuanya untuk membaca dan menyimak Artikel dibawah ini:

 

perawatan murai batu kalah mental

Lanjut lagi ya!!!

Pada umumnya murai batu yang mentalnya masih labil terjadi pada murai batu yang umurnya masih muda, entah itu dari hasil penangkaran ataupun hasil dari tangkapan muda hutan. Hal ini memang sangat wajar terjadi, karena murai batu muda masih butuh yang namanya proses perawatan sebelum menjadi burung yang berkualitas.

Nah, disini kita sebagai sang pemilik harus berperan penting, yaitu dengan memberikan pola perawatan khusus agar kelak burung bisa mejawara dengan kualitas yang dimiikinya.

Dan jangan hanya memberi perawatan yang asal-asalan saja, contohnya: Sebagus apapun burung murai batu bila kita hanya memberi perawatan yang sembarangan maka yang akan terjadi burung pun akan jadi males berkicau/bunyi dan akhirnya mental pada burung pun juga akan menurun alias yang semula mempuyai mental yang bagus akan menjadi rusak gara-gara hanya asal-asalan dalam merawatnya (Ini penting). Jadi sekali lagi pola perawatan yang benar serta teratur itu sangat-sangatlah peting untuk dilakukan.

Khusus bagi Anda para kicaumania yang sampai saat ini masih belum mengetahui bagaimana cara merawat murai batu muda atau murai batu bakalan muda hutan agar memeliki mental yang bagus nantinya. Langsung saja simak dibawah ini:

 

Tips Melatih Mental Murai Batu Berserta Perawatanya

 

Murai batu yang masih muda sebaiknya jangan terburu-buru ditempel atau di trek dengan murai batu lain, apalagi langsung dicoba-coba untuk dilombakan,. Hal ini akan memicu murai batu tersebut akan mengalami kalah mental. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika sudah demikian murai batu akan mengalami yang namanya NGEDROP.

Jika Anda baru saja memelihara murai batu yang secara umur masih muda lebih baik berikan  pola perawatan yang benar dan tepat. Contohnya perawatan yang benar serta tepat adalah: Seperti pemberian pakan yang terataur dan pada pola perawatan harian yang Anda terapkan.

  • Mengenai perawatan yang tepat berseta pengetahuan terlengkap yang wajib kicaumania ketahui tentang burung murai batu, bisa Anda baca Artikelnya disini –>> Cara Merawat Burung Murai Batu

Bila Anda sudah melakuka hal diatas dan sudah menemukan setelan yang pas, tahap proses selanjutnya yaitu dengan memperbanyak suara-suara burung masteran, hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mental pada murai batu yang Anda pelihara tersebut agar murai batu mempunyai mental yang kuat nantinya.

Dan ditahap ini adalah dibagian tahap yang paling penting yang harus Anda ketahui yaitu dalam proses melatih mental pada burung murai batu. Dalam melatih mental murai batu ada berbagai tahap yang harus dilalui.

Tips yang saya bagikan ini bisa Anda terapkan ketika baru memulai dalam pelatihan mental untuk murai batu yang baru saja Anda pelihara maupun pada murai batu yang pernah trauma sebelumnya akibat kalah mental

Dalam pelatihan mental burung murai batu ini setidaknya Anda memerlukan 2-3 (bahkan bisa lebih) burung murai batu lain yang sudah mapan, hal ini bertujuan untuk pancigan bagi murai batu yang ingin dilatih mentalnya maupaun bagi murai batu yang mentalnya sedang down. Jika dalam hal ini Anda cuma memiliki murai batu satu-satunya, Anda dapat meminta bantuan kepada teman-teman Anda yang memelihara murai batu juga untuk meminjamnya hanya sekedar ditrek saja.

perawatan murai batu kalah mental

Tapi perlu di ingat, dalam proses pelatihan mental pada murai batu tidaklah boleh sembarangan. kita membutuhkan yang namanya proses bertahap disini, yaitu tidak dengan langsung asal ditempel jika usia murai batu yang mau dilatih tersebut masih muda usianya.

Dan tanpa banyak basa-basi lagi Anda dapat mempraktekan tips dibawah ini:

  • Minggu pertama: Kerodonglah murai batu dan dengarkan suara murai batu lain. Jika Anda hanya memiliki satu burung murai batu, Anda cukup menyetelkan suara mp3  murai batu saja dahulu.
  • Minggu kedua : Jika kalau murai batu mau membalas atau ngelaawan suara murai batu lain seperti yang saya jelaskan diatas, Anda dapat memulai menempel dengan murai batu lain, tapi tidak dengan suara mp3 melainkan dengan sesama jenis burung murai batu dan harus dalam kondisi full kerodong.
  • Minggu ketiga: Masih dalam kondisi dikerodong, tempel lagi dan tempel lagi hingga jarak 2 meteran. Apabila si murai batu yang ingin Anda latih masih mau berani ngelawan, buka sepertiga kerodong bagian bawah.
  • Minggu ke empat: Tempel lagi murai batu tersebut dan deketin lagi jaraknya, misalkan masih mau bunyi atau ngelawan, buka krodong hingga setengahnya.
  • Minggu ke lima: Jangan bosen untuk menempelnya, tujuanya agar mental murai batu sedikit demi sedikit akan terbentuk. Tempel lagi apabila masih mau ngelawan buka hingga dua pertiga kerodong.
  • Minggu ke enam: Dan di bagian tahap terakhir adalah, yaitu dengan menempel kembali murai batu tersebut. Jika masih memberikan perlawanan yang sengit, buka semua bagian kerodong alias tanpa kerodong. Bila sudah seperti berarti murai batu sudah bener-bener siap mental dan sudah siap tempur.

 

Selamat Mencoba ya!!!

Ikuti kami di Akun Instragam dan dapatkan Hal menarik Disana >> Follow @kicaumania373 —>>> JOIN NOW >> https://www.instagram.com/kicaumania373

 

*CATATAN PENTING*

Bila dalam setiap tahap murai batu Anda malah mengalami macet bunyu, lebih baik jangan dipaksakan. Tetep bertahan ditahap tersebut hingga murai batu kembali mau berani bunyi lagi. Bila perlu mulai dari tahap awal.

Untuk melengkapi Artikel ini, ada baiknya Anda membaca kembali tentang Artikel-Artikel penting yang ada kaitanya dengan Artikel ini. Simak dibawah ini:
  1. Cara Merawat Burung Murai Batu Tangkapan Hutan
  2. Merawat Murai Batu Trotol
  3. Perawatan Murai Batu Baru Beli
  4. Cara Merawat Murai Batu Trotolan Biar Gacor
  5. Perawatan Murai Batu Bakalan Biar Cepat Bunyi

Demikianlah yang bisa saya bagikan untuk Anda para sobat kicaumania. Semoga apa yang bisa saya bagikan ini dapat membantu dan bermanfaat.

Salam kicaumania.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s