Perawatan Murai Batu Jelang Kontes

Perawatan murai batu sebelum terjun diarena lomba memang menjadi hal penting untuk dilakukan, tujuanya agar murai batu yang akan dilombakan selalu menampilkan performa terbaiknya, baik itu dirumah maupun diarena lomba. Seperti yang telah kita ketahui, segacor apapun murai batu yang Anda pelihara ketika berada dirumah belum tentu akan gacor ketika Anda bawa kedalam arena lomban.

Tentu hal semacam itu akan menjadi permasalaha tersendiri tentunya, sebab tujuan utama melombakan burung adalah ingin memperoleh prestasi terbaik untuk burung itu sendiri. Dan yang lebih uniknya lagi banyak keuntungan yang bisa Anda dapat jika burung yang Anda miliki sampai mendapat gelar juara.

peraawatan murai batu jelang kontes

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, bahwa perawatan murai batu untuk lomba sebenarnya tidalah jauh berbeda atau sangat berhubungan dengan perawatan harian yang Anda berikan. Hal tersebut didasarai dengan berbagai alasan kuat yang memang alasan atau ungkapan tersebut menurut saya sangatlah masuk akal dan alasan tersebut salah satunya: Simak dibawah ini:

 

Burung murai batu yang rajin berkicau tak bisa lepas dari perawatan yang baik dan benar. Tidak Ada murai batu yang bagus jika cara merawatnya tidak benar dan tepat alias cuma asal-asalan saja, karena murai batu jawara hanya terlahir dari perawatan terutama konsistensi dalam merawatnya. Walaupun Anda membeli murai batu jawara sekalipun tapi jika tidak diberikan pola perawatan yang tepat maka kualitas yang ada pada burung jawara tersebut akan turun pula, terutama pada kicauanya dan performanya.

 

Baca dan simak kembali Artikel penting ini >> Cara Merawat Burung Murai Batu

 

Hal yang saya ketahui, ketika saya sedang bermain atau sekedar mampir di even-even perlombaan burung disejumlah Daerah, saya melihat tak sedikit juga para kicaumania pemula yang secara tidak sadar terburu-buru dalam melombakan burung yang ia pelihara, walapun sebenarnya burung tersebut belum sepenuhnya siap untuk menghadapi situasi lomba. Dan terutama pada katagori lomba burung murai batu yang selalu saya ikuti.

perawatan murai batu jelang kontes

Alhasil burung murai batu yang belum siap untuk dilombakan tersebut tampak menjadi seperti penonton saja, melihat disekelilingnya banyak musuh yang sedang beradu suara dan disitu terlihat juga raut muka kekecewaan dari sang pemiliknya dipingir lapangan.

Intinya adalah jika murai batu yang belum siap lomba tapi dipaksakan untuk lomba pastilah murai batu tersebut akan menampilkan performa buruk yang mengakibatkan burung akan ngedrop bahkan stres setelahnya. Jika itu sampai terjadi, tentu sangat akan merugikan.

perawatan murai batu jelang kontes

Nah, disitulah seharusnya diperlukan kemampuan oleh sang pemilik burung tersebut untuk melihat apakah burung murai batu yang dipelihara sudah dalam kategori siap tempur dalam arena lomba atau belum. Jika kondisinya sudah siap jangan ragu lagi untuk diikut sertakan dalam ajang perlombaan dan begitupun sebaliknya jika kondisinya belum siap jangan coba-coba untuk digantang diarena lomba. Lebih baik berikan perawaatan yang tepat agar murai batu yang dipelihara benar-benar siap untuk tampil diarena kontes nantinya. Itu lebih baik.

 

Ciri Murai Batu Siap Tampil Diarena Kontes

 

  • Pastikan bahwa murai batu yang ingin Anda lombakan sudah mempunyai umur yang sedang alias sudah menginjak umur 2 tahuanan, hal ini tentu bertujuan agar suara yang dihasilkan lebih sempurna dan jelas.
  • Pada dasarnya murai yang tampil maksimal ketika dilombakan adalah murai batu yang secara mental sudah bagus atau kuat, selain itu burung tidak terlalu giras jika melihat orang atau didekati orang.
  • Murai batu sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar manusia, dengan begitu murai batu akan tetap gacor dan selalu menampilkan performa terbaiknya ketika ditempatkan dimana saja.
  • Murai Batu bersuara khas dan bervariasi, kicauanya yang terdengar berulang-ulang dan mampu mengeluarkan berbagai variasi suara isianya.
  • Dari segi kotoran, kotoran yang dikeluarkan burung murai batu berbentuk kecil dan tidak basah, ini menandakan burung tersebut sudah kategori dewasa dan sedang tidak mengalami gangguan pencernaan.

perawatan murai batu jelang kontes

 

Dan ditahap selanjutnya yang tak kalah pentingnya untuk dibahas sekaligus yang menjadi pokok pembahasan untuk Artikel ini adalah, yaitu mengenai persiapan atau perawatan khusus sebelum murai batu tersebut menuju arena kontes. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi performa pada burung tersebut ketika lomba sedang berlangsung.

 

Persiapan Murai Batu Jelang Lomba

 

  • Burung Murai Batu yang ingin dilombakan seminggu sebelumnya harus dijauhkan dahulu dengan burung kicauan yang lain dan terutama pada burung sesama jenis murai batu . Bertujuan mengurangi minat burung itu berkicau sehingga stamina tubuh dan kicauannya tetap terjaga. Pemberian pakan juga pada porsi yang seperti biasa saja, jangan terlalu berlebihan dalam lakukan penambahan porsi pakan, begitu juga dengan jenis pakannya, ditakutkan terlalau banyak penambahan/perubahan itu malah akan membuat burung kaget sehingga di lapangan nanti pola penampilannya juga akan berubah.
  • Kondisikan burung Murai Batu dengan lapangan lomba. Sebelum perlombaan dimulai Anda bisa mengamati lokasi perlombaan itu seperti apa, apakah model terbuka atau sebaliknya, bagaimana intensitas cahaya yang mengenai tempat itu. Dengan begitu Anda bisa melakukan pelatihan burung murai batu Anda untuk dapat mengkondisikan ditempat yang baru dengan suhu yang berbeda.
  • Awasi burung dari kemungkinan diganggu hewan lain. Perhatian intensif sebelum perlombaan penting demi menjaga mental burung murai batu yang ingin dilombakan. Jauhkan murai batu dari bertemu hewan penggangu lain seperti kucing, ayam, kambing atau apapun yang membuatnya takut dan trauma. Ketakutan-ketakutan itu bisa membuat mentak burung murai terseebut tidak stabil lagi, dan parahnya, kemungkinan seperti itu akan membuat burung menjadi giras(tidak menentu) ketika perlombaan.

 

Seperti itulah yang seharusnya Anda lakukan jika ingin melombakan burung terutama pada burung murai batu. Peran Anda sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh burung tersebut, karena bagaimanapun juga jika ingin menjadi yang terbaik pasti ada yang namanya proses dan waktu.

Untuk memperluas pengetahuan Anda tentang kontes burung murai batu. Saya persilakan kembali untuk memaca Artikelnya–>> DISINI

Demikianlah yang bisa saya bagikan, semoga apa yang sudah saya bagikan ini dapat membantu Anda sekaligus orang banyak diluar sana.

 

#Salam Kicaaumania

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s