Perawatan Murai Batu Agar cepat Mabung

Ikuti kami di Akun Instragam dan dapatkan Hal menarik Disana >> Follow @kicaumania373 —>>> JOIN NOW>> https://www.instagram.com/kicaumania373

Cara merawat murai batu agar cepat mabung merupakan sebuah problem yang sebenarnya sering ditanyakan oleh para kicaumania, baik itu di forum-forum burung ataupun ditempat-tempat lain. Untuk itu, di Artikel saya kali ini izinkan saya untuk menjelaskan mengenai problem tersebut sekaligus bagaiman dengan cara perawatanya agar burung murai batu yang seharusnya sudah memasuki masa mabung tetapi tidak kunjung mabung atau tak kunjung ganti bulu.

perawatan murai batu agar cepat mabung

 

Tentu hal semacam ini menjadi permasalahan tersendiri, baik untuk burung itu sendiri maupun bagi sang pemiliknya, karena melihat tampilan bulu dari burung tersebut yang sudah tak menarik lagi untuk dilihat. Nah, maka dari itu saya mengangap bahawa topik ini adalah topik yang menarik untuk dibahas. Langsung saja, simak!

Pernahkan Anda menjumpai atau bahkan pernah mengalami burung murai batu yang Anda pelihara mengalami dengan bulunya yang sudah kering dan kondisi ekornya sudah pecah-pecah tetapi tak kunjung turun bulu atau ganti bulu ?

perawatan murai batu agar cepat mabung

 

Burung murai batu adalah salah satu burung fighter sejati sekaligus burung yang paling populer hingga saat ini yang lebih banyak digemari oleh para kicaumania diantara burung kicau lainya. Akan tetapi yang namanya memelihara burung pasti akan selalu dihadapkan dengan berbagai problem dan salah satunya seperti yang sedang kita bahas di Artikel ini.

Dan kenyataanya banyak diantara pemain murai batu yang mengeluhkan bahwa burung murai batu yang ia pelihara yang seharusnya harus ganti bulu tapi susah untuk turun bulu atau susah melakukan proses dalam memasuki masa mabungnya. Nah, untuk itu jangan khawatir, Anda bisa mencoba  tips yang akan saya jelaskan dibawah ini.

 

Tips Cara Agar Murai Batu Cepat Turun Bulu

 

Hal yang saya ketahui secara pribadi untuk merontokan bulu pada burung terutama untuk burung murai batu yang sedang kita bahas bersama ini, Ulet Hongkonglah menurut saya yang paling ampuh untuk merontokan bulu pada burung. Mengapa bisa demikian ? Simak terus!

Akan tetapi, banyak yang anggapan bahwa jika kita terlalu banyak memberi Ulet Hongkong pada burung dapat menyebabkan kerusakan salah satunya yaitu katarak atau sakit mata dan lain sebagainya.

Untuk itu sebelum saya melanjutkan tips yang akan jelaskan dibawah ini, ada baiknya Anda saya ajak dulu untuk membahas serta mengetahui lebih dalam lagi mengenai manfaat sekaligus dampak negatif dari Ulet honkong itu sendiri.

perawatan murai batu agar cepat mabung

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Ulat Hongkong adalah jenis makanan Extra Fooding yang juga banyak digunakan oleh kicaumania untuk diberikan pada burung-burunnya. Tidak hanya untuk burung-burung yang disiapkan untuk lomba, burung-burung yang sedang mabung pun dirasa perlu untuk diberikan Ulat Hongkong ini.

Namun demikian, tidak banyak orang yang menggunakan Ulat Hongkong untuk burung-burungnya. Hal ini dikarenakan Ulat Hongkong yang diberikan terlalu sering dan dalam jumlah yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan burung.

Ulat Hongkong memang dikenal sebagai EF yang sangat baik untuk burung namun efeknya terlalu panas. Akibatnya, burung yang diberikan Ulat Hongkong terlalu sering juga bisa menyebabkan berbagai masalah lainnya seperti burung menjadi lebih galak, terlalu birahi, rontok bulu, dan lain sebagainya. Karenanya, pemberian Ulat Hongkong pada burung harus diatur sedemikian rupa.

Hal yang paling ditakuti oleh hampir semua kicaumania dari efek pemberian Ulat Hongkong ialah karena ulat ini berpotensi merusak mata burung. Ini sudah menjadi rahasia umum di mana burung-burung yang memakan Ulat Hongkong terlalu sering dan berlebihan bisa membuat mata burung menjadi berair dan bahkan bisa berujung pada katarak.

Hal ini mungkin saja disebabkan karena Ulat Hongkong mengandung protein yang sangat tinggi. Kandungan lemak pun dalam Ulat Hongkong sangat tinggi sehingga jika dikonsumsi secara terus menerus bukan hanya kebutaan yang akan dialami oleh burung namun juga bisa kegemukan. Bahkan, Ulat Hongkong yang diberikan dalam kondisi hidup bisa mengganggu sistem pencernaannya.

Nah, Setelah Anda mengetahui dampak negatif jika terlalau banyak memberi Ulet Hongkong pada burung murai batu yang Anda pelihara, pasti Anda ragu untuk memberinya.

Tapi disinilah seninya, saya akan memberikan cara serta tips agar Ulet Hongkong yang Anda berikan tidak terlalau bahaya pada burung milik Anda, karena jika Anda tidak ambil tindakan untuk burung murai batu yang susah mabung seperti pada pembahasan di Artikel ini dan jika Anda cuma menunggu saja berharap burung akan mabung dengan sendirinya. Saya jamin bahwa itu akan memakan waktu yang cukup lama.

 

Dan tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja simak tips dibawah ini:

Ada sebuah tips bagaimana supaya Ulat Hongkong tidak terlalu panas sehingga tidak terlalu berbahaya bagi burung, utamanya dalam kaitannya dengan kerusakan pada mata burung. Tujuan utamanya kita memberi Ulet Hongkong terlalau banyak untuk mempercepat rontoknya pada bulu burung yang seharusnya bulu itu harus turun atau mabung.

Sebelum Ulat Hongkong diberikan pada burung, sebaiknya berikanlah ia wortel. Caranya, belah wortel hingga menjadi dua bagian lalu taruh dalam wadah Ulat Hongkong dan biarkan wortel tersebut dimakan sampai besok harinya. Esok harinya, baru bisa Anda berikan Ulat Hongkong tersebut pada burung.

Wortel di sini bersifat dingin dan ini mungkin dipengaruhi oleh kandungan vitamin A yang sangat tinggi di mana jika dikonsumsi oleh manusia sangat membantu mengurangi gangguan mata. Karenanya, Ulat Hongkong yang sebelumnya berpotensi bisa menimbulkan gangguan pada mata burung, dengan wortel resiko itu bisa dikurangi. Bahkan Anda bisa memberikan Ulat Hongkong ini sesuai dengan keinginan Anda.

Namun saya menganjurkan kepada Anda untuk memberi 10-15 ekor Ulet Hongkong saja perharinya sampai burung bener-bener merontokan bulunya secara perlahan.

perawatan murai batu agar cepat mabung

 

Sekiranya begitulah bagaimana cara mempercepat turunya bulu pada burung. Jadi intinya Anda harus berani mencoba, jangan takut jika burung murai batu Anda akan rusak setelah memakai tips yang saya bagikan ini, karena dalam tips ini saya masih membatasi dalam pemberianya dalam artian tidak terlalu berlebihan dalam cara pemberianya.

Demikialah tips yang bisa bagikan, semoga apa yang bisa saya bagikan ini dapat membantu Anda para kicaumania semua dari Sabanag sampai Merauke. Dan jika burung yang Anda pelihara saat ini susah dalam memasuki masa mabungnya, saya do’akan agar burung yang Anda pelihara bisa dengan cepat melewati problem tersebut.

 

Tips Tambahan

Karena mabung merupakan masa yang paling menyakitkan, maka perawatannya harus tepat sehingga burung bisa melewati masa mabungnya dengan lancar, sampai memiliki bulu-bulu baru yang kuat, rapi, dan berkilauan. Untuk itu saya sarankan Anda membaca juga Artikel dibawah ini:

 

Salam Kicaumania

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s